Kisi-kisi Ulangan Harian : Gejala Alam

| Jumat, 25 Januari 2013
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Nomor Soal
Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya
Unsur-Unsur Bumi
(Buku Paket
hal 2-3)
Mampu menjelaskan dan membedakan unsur-unsur bumi
 Melalui paparan pada soal, siswa mampu menyebutkan unsur-unsur bumi (litosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer, dan antroposfer)
1
 Melalui paparan pada soal, siswa mampu menyebutkan penyebab terjadinya gejala/bencana alam
2
Bentuk-bentuk Gejala Alam
(Buku Paket
hal 3-32)
Mampu mendeskripsikan gejala alam hujan deras dan banjir
 Melalui paparan pada soal, siswa mampu menyebutkan penyebab utama terjadinya banjir
3
 Melalui paparan pada soal, siswa mampu menyebutkan jenis-jenis banjir
4
 Siswa mampu menjelaskan bulan terjadinya musim hujan
5
Mampu mendeskripsikan gejala alam tanah longsor
 Melalui paparan pada soal, siswa mampu menjelaskan kemiringan tanah yang dapat mengakibatkan terjadinya longsor
6
 Melalui paparan pada soal, siswa mampu menyebutkan sebab-sebab timbulnya tanah longsor yang diakibatkan fakror manusia
7
 Melalui paparan pada soal, siswa mampu menyebutkan kerusakan akibat tanah longsor
8
Mampu mendeskripsikan gejala alam gempa bumi
 Melalui paparan pada soal, siswa mampu menyebutkan jenis-jenis gempa bumi
9
 Melalui paparan pada soal, siswa mampu menyebutkan klasifikasi gempa bumi
10
 Melalui paparan pada soal, siswa mampu menyebutkan daerah-daerah rawan gempa bumi di Indonesia
11
Mampu mendeskripsikan gejala alam  gunung meletus
Melalui paparan pada soal, siswa mampu menyebutkan istilah keluarnya magma dari inti bumi
12
 Melalui paparan soal, siswa mampu menyebutkan jenis gunung meletus
13
 Melalui penjelaan pada soal, siswa mampu menyebutkan nama-nama gunung yang rawan bencana di Pulau Jawa
14
Mampu mendeskripsikan gejala alam tsunami
Melalui paparan pada soal, siswa mampu menjelaskan penyebab terjadinya tsunami
15
Melalui paparan pada soal, siswa mampu menjelaskan terjadinya tsunami Aceh
16

Mampu mendeskripsikan gejala alam angin kencang dan badai
Melalui papran soal, siswa mampu menyebutkan asal usul angin tornado.
17
Melalui paparan pada soal, siswa mampu menjelaskan satuan kecepatan angin kencang atau badai.
18
Mampu mendeskripsikan gejala alam kebakaran hutan
Melalui paparan pada soal, siswa mampu menjelaskan penyebab terjadinya kebakaran hutan.
19
Melalui paparan pada soal, siswa mampu menyebutkan pulau di Indonesia yang berpotensi terjadinya kebakaran hutan.
20
Gejala Alam di Negara Tetangga
(Buku Paket
hal 21-22)


Mampu mendeskripsikan gejala alam di Negara tetangga
Melalui paparan pada soal, siswa mampu menjelaskan cuaca buruk yang sering terjadi di Samudra Pasifik bagian selatan
21
Melalui paparan pada soal, siswa mampu menjelaskan bencana yang sering melanda Philifina.
22
Melalui paparan pada soal, siswa mampu menjelaskan peristiwa bencana tahun 2005 di Thailand
23

Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam
Menghadapi Bencana
(Buku Paket
hal 33)

Mampu mendeskripsikan cara menghadapi bencana alam
Melalui paparan pada soal, siswa mampu menjelaskan tahap pencegahan melalui usaha mitigasi
24
Melalui paparan pada soal, siswa mampu menjelaskan tahap tanggap darurat melalui usaha evakuasi
25
Melalui paparan pada soal, siswa mampu menjelaskan tahap pasca bencana melalui usaha rehabililtasi dan rekonstruksi.
26
Melalui paparan pada soal, siswa mampu memberikan contoh langkah-langkah bila mengalami bencana
27
Pihak-Pihak yang Terlibat dalam Penanggulangan Bencana
(Buku Paket
hal 39)

Mampu menjelaskan badan/lembaga/organisasi yang terlibat dalam penanganan bencana alam
Melalui paparan pada soal, siswa mampu menjelaskan tugas dan fungsi SAR
28
Melalui paparan pada soal, siswa mampu menjelaskan organisasi/badan  yang bertanggung jawab dalam penanggulangan bencana alam
29
Melalui paparan pada soal, siswa mampu menjelaskan Negara yanag aktif memberikan bantuan terhadap bencana alam yang terjadi di Indonesia
30
Buku Sumber
Wahana IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) 6B Kelas 6SD semester kedua
Penerbit Quadra

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲