Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Tujuan Pembelajaran
|
Nomor Soal
|
Mendeskripsikan gejala
(peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya
|
Unsur-Unsur Bumi
(Buku Paket
hal 2-3)
|
Mampu menjelaskan
dan membedakan unsur-unsur bumi
|
Melalui paparan pada soal, siswa mampu
menyebutkan unsur-unsur bumi (litosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer, dan
antroposfer)
|
1
|
Melalui paparan pada soal, siswa mampu
menyebutkan penyebab terjadinya gejala/bencana alam
|
2
|
|||
Bentuk-bentuk Gejala Alam
(Buku Paket
hal 3-32)
|
Mampu mendeskripsikan gejala
alam hujan deras dan banjir
|
Melalui paparan pada soal, siswa mampu
menyebutkan penyebab utama terjadinya banjir
|
3
|
|
Melalui paparan pada soal, siswa mampu
menyebutkan jenis-jenis banjir
|
4
|
|||
Siswa mampu menjelaskan bulan terjadinya
musim hujan
|
5
|
|||
Mampu mendeskripsikan gejala
alam tanah longsor
|
Melalui paparan pada soal, siswa mampu menjelaskan
kemiringan tanah yang dapat mengakibatkan terjadinya longsor
|
6
|
||
Melalui paparan pada soal, siswa mampu
menyebutkan sebab-sebab timbulnya tanah longsor yang diakibatkan fakror
manusia
|
7
|
|||
Melalui paparan pada soal, siswa mampu menyebutkan
kerusakan akibat tanah longsor
|
8
|
|||
Mampu mendeskripsikan gejala
alam gempa bumi
|
Melalui paparan pada soal, siswa mampu
menyebutkan jenis-jenis gempa bumi
|
9
|
||
Melalui paparan pada soal, siswa mampu
menyebutkan klasifikasi gempa bumi
|
10
|
|||
Melalui paparan pada soal, siswa mampu
menyebutkan daerah-daerah rawan gempa bumi di Indonesia
|
11
|
|||
Mampu mendeskripsikan gejala
alam gunung meletus
|
Melalui paparan
pada soal, siswa mampu menyebutkan istilah keluarnya magma dari inti bumi
|
12
|
||
Melalui paparan soal, siswa mampu
menyebutkan jenis gunung meletus
|
13
|
|||
Melalui penjelaan pada soal, siswa mampu
menyebutkan nama-nama gunung yang rawan bencana di Pulau Jawa
|
14
|
|||
Mampu mendeskripsikan gejala
alam tsunami
|
Melalui paparan pada soal, siswa
mampu menjelaskan penyebab terjadinya tsunami
|
15
|
||
Melalui paparan pada soal,
siswa mampu menjelaskan terjadinya tsunami Aceh
|
16
|
|||
Mampu mendeskripsikan gejala
alam angin kencang dan badai
|
Melalui papran soal, siswa
mampu menyebutkan asal usul angin tornado.
|
17
|
||
Melalui paparan pada soal,
siswa mampu menjelaskan satuan kecepatan angin kencang atau badai.
|
18
|
|||
Mampu mendeskripsikan gejala
alam kebakaran hutan
|
Melalui paparan pada soal,
siswa mampu menjelaskan penyebab terjadinya kebakaran hutan.
|
19
|
||
Melalui paparan pada soal,
siswa mampu menyebutkan pulau di Indonesia yang berpotensi terjadinya
kebakaran hutan.
|
20
|
|||
Gejala Alam di Negara Tetangga
(Buku Paket
hal 21-22)
|
Mampu mendeskripsikan gejala
alam di Negara tetangga
|
Melalui paparan pada soal,
siswa mampu menjelaskan cuaca buruk yang sering terjadi di Samudra Pasifik
bagian selatan
|
21
|
|
Melalui paparan pada soal,
siswa mampu menjelaskan bencana yang sering melanda Philifina.
|
22
|
|||
Melalui paparan pada soal,
siswa mampu menjelaskan peristiwa bencana tahun 2005 di Thailand
|
23
|
|||
Mengenal cara-cara menghadapi
bencana alam
|
Menghadapi Bencana
(Buku Paket
hal 33)
|
Mampu mendeskripsikan cara
menghadapi bencana alam
|
Melalui paparan pada soal,
siswa mampu menjelaskan tahap pencegahan melalui usaha mitigasi
|
24
|
Melalui paparan pada soal,
siswa mampu menjelaskan tahap tanggap darurat melalui usaha evakuasi
|
25
|
|||
Melalui paparan pada soal,
siswa mampu menjelaskan tahap pasca bencana melalui usaha rehabililtasi dan rekonstruksi.
|
26
|
|||
Melalui paparan pada soal,
siswa mampu memberikan contoh langkah-langkah bila mengalami bencana
|
27
|
|||
Pihak-Pihak yang Terlibat dalam
Penanggulangan Bencana
(Buku Paket
hal 39)
|
Mampu menjelaskan
badan/lembaga/organisasi yang terlibat dalam penanganan bencana alam
|
Melalui paparan pada soal,
siswa mampu menjelaskan tugas dan fungsi SAR
|
28
|
|
Melalui paparan pada soal,
siswa mampu menjelaskan organisasi/badan
yang bertanggung jawab dalam penanggulangan bencana alam
|
29
|
|||
Melalui paparan pada soal,
siswa mampu menjelaskan Negara yanag aktif memberikan bantuan terhadap
bencana alam yang terjadi di Indonesia
|
30
|
|||
Buku
Sumber
|
Wahana IPS (Ilmu Pengetahuan
Sosial) 6B Kelas 6SD semester kedua
Penerbit Quadra
|
Kisi-kisi Ulangan Harian : Gejala Alam
Diposting oleh
Obang, Drs.
|
Jumat, 25 Januari 2013
0 komentar:
Posting Komentar